Ekspansi Pembiayaan, Maybank Lobi BI

Written By Unknown on Sabtu, 10 November 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Untuk bisa menggunakan jaringan cabang untuk pengembangan pembiayaan, Maybank Syariah tengah melobi Bank Indonesia (BI).

"Kami melalui stake holder tengah meminta regulator (BI) agar bersedia mengeluarkan PBI (Peraturan Bank Indonesia) baru yang memperbolehkan hal itu," ujar Presiden Direktur Maybank Syariah, Ibrahim Hassan di Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Dia memaparkan dengan menganut leverage model yang tidak menggunakan cabang, Maybank Syariah sesuai PBI, tidak diizinkan menggunakan cabang-cabang induknya (BII) untuk melakukan ekspansi pembiayaan. "Tapi untuk ekspansi DPK (Dana Pihak Ketiga) itu boleh," tuturnya.

Menurutnya, hal ini membuat BUS (Bank Umum Syariah) yang memiliki leverage model seperti Maybank Syariah agak sulit untuk mengembangkan pembiayaannya. "Karenanya sejak Oktober tahun lalu, kami melalui stake holder telah melakukan pendekatan ke BI untuk mau merevisi PBI yang terkait tentang larangan untuk menggunakan cabang-cabang induk," katanya.

Ibrahim mengutarakan alasan Maybank Syariah menganut sistem leverage model ini, salah satunya untuk efisiensi cost. "Model ini terbukti telah mengurangi cost kami dan memaksimalkan revenue," tuturnya.

Dia mengakui lobi ini dilakukan sendiri oleh Maybank Syariah mengingat BUS lainnya di Indonesia memang sudah bertumbuh dan memiliki cabang karena tidak menggunakan leverage model.

Saat ini, yang dapat dilakukan Maybank Syariah untuk pengembangan bisnis pembiayaannya, salah satunya dengan meningkatkan kualias produk, dan pengembangan SDM yang didukung karyawan yang memiliki skill yang baik, serta membangun sistem IT yang lengkap. Adapun BUS lain yang menganut leverage model ini adalah BNI Syariah. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Ekspansi Pembiayaan, Maybank Lobi BI

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/11/ekspansi-pembiayaan-maybank-lobi-bi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ekspansi Pembiayaan, Maybank Lobi BI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ekspansi Pembiayaan, Maybank Lobi BI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger