DPR: Usut Tuntas Kasus Kebakaran Pipa Pertamina

Written By Unknown on Minggu, 07 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - DPR mendesak pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus terbakarnya pipa minyak milik PT Pertamina (Persero) di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Peristiwa yang diindikasikan karena adanya praktik pencurian minyak tersebut, telah menewaskan 5 orang dan mencederai 40 orang. "Pemerintah harus punya keseriusan menuntaskan kasus ini, tidak boleh ada diskriminasi penegakan hukum," kata Anggota Komisi VII DPR RI, Rofi Munawar, kepada INILAH.COM di Jakarta, seperti dikutip Minggu (7/10/2012).

Rofi menjelaskan dugaan adanya kolam penampungan bahan bakar minyak (BBM) ilegal di Kecamatan Bayung Lencir, juga perlu diselidiki. Pasalnya, selama ini kasus penyelewengan dan penyelundupan BBM semakin marak karena tingginya disparitas harga BBM di dalam dan luar negeri.

"Jangan hanya menyalahkan warga yang berebut menjarah minyak mentah dari pipa milik Pertamina, tetapi oknum-oknum terkait yang selama ini menikmati praktik pencurian minyak ini harus ditindak tegas," ujar dia.

Sebelumnya, anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina EP, mengakui maraknya pencurian minyak milik perseroan sulit diberantas karena aksi tersebut didalangi oknum aparat keamanan.

Pertamina bahkan menyebutnya sebagai kolam penampungan minyak curian. Ungkapan tersebut diberikan karena banyak minyak mentah yang dicuri dari kilang Pertamina, lalu ditampung di bak-bak terbuka dan drum-drum.

Peristiwa kebakaran pipa tersebut terjadi di kilometer 219 Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (3/10/2012) lalu. Lokasi kebakaran berada di dekat pipa minyak Tempipno-Plaju milik Pertamina. Kebakaran terjadi diduga kuat akibat ulah pencuri minyak.

Tim Pertamina dan Elnusa menemukan barang bukti yang digunakan pelaku pencurian, yakni clamp 8 inchi, valve ukuran 1 inchi yang terpasang pada pipa minyak Tempino-Plaju milik Pertamina.


Anda sedang membaca artikel tentang

DPR: Usut Tuntas Kasus Kebakaran Pipa Pertamina

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/dpr-usut-tuntas-kasus-kebakaran-pipa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

DPR: Usut Tuntas Kasus Kebakaran Pipa Pertamina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

DPR: Usut Tuntas Kasus Kebakaran Pipa Pertamina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger