Konsumen Bisa Adukan Layanan SPBU Pertamina

Written By Unknown on Minggu, 07 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) membuka layanan bagi pelanggan yang ingin mengadukan ketidakpuasan layanan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) miliknya.

VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan pelanggan yang tidak mendapat kepuasan baik dari kualitas maupun kuantitas di SPBU Pertamina, dapat menghubungi Contact Pertamina dengan nomor telepon (no kode area) 500-000, atau mengirimkan email ke pcc@pertamina.com.

"Dengan masukan yang diberikan pelanggan tersebut, Pertamina berharap dapat terus membenahi diri untuk kepuasan konsumen di seluruh Indonesia," tutur Ali berdasarkan keterangan tertulis perseroan, Minggu (7/10/2012).

Pertamina menerapkan prosedur standar pelayanan bagi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal ini merupakan salah satu langkah perseroan dalam menghadapi persaingan di bisnis SPBU, untuk menjaga kepuasan konsumen agar tidak beralih pada SPBU lain.

Berbagai standar diterapkan, di antaranya standar pelayanan, di mana petugas SPBU harus melayani dengan Senyum, Salam dan Sapa (3S) di samping memiliki keterampilan melayani dengan baik. "Kualitas dan kuantitas dipastikan dengan pengecekan density dan tera nol dispenser setiap hari," tuturnya.

Estetika juga menjadi salah satu strategi untuk menarik pelanggan, yaitu dengan menetapkan standar format fisik yang konsisten, bersih dan terawat. Ia menyatakan, untuk menunjukkan sebuah SPBU telah memenuhi standar-standar tersebut, Pertamina memberi sertifikat dan tanda "Pasti Pas" di SPBU terkait. Pada tahap awal, SPBU yang sudah mendapat sertifikat akan diaudit secara ketat setiap bulannya.

Pada Jumat (5/10/2012) lalu, Pertamina mengadakan workshop dan gathering dengan komunitas otomotif, aktivis sosial media dan para blogger. Workshop ini diadakan untuk memberikan informasi kepada pelangan Pertamina atas kualitas dan kuantitas produk serta pelayanan yang diberikan di SPBU Pertamina.

"Dengan pengetahuan pelanggan mengenai SPBU Pasti Pas, diharapkan pelanggan dapat memilih SPBU dengan tepat," katanya. Namun demikian, bukan berarti semua SPBU yang belum Pasti Pas tidak bagus, karena bisa saja SPBU tersebut sedang disiapkan agar dapat memenuhi standar Pasti Pas.


Anda sedang membaca artikel tentang

Konsumen Bisa Adukan Layanan SPBU Pertamina

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/konsumen-bisa-adukan-layanan-spbu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konsumen Bisa Adukan Layanan SPBU Pertamina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konsumen Bisa Adukan Layanan SPBU Pertamina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger