ESDM: Masyarakat Bisa Hemat Pengeluaran

Written By Unknown on Minggu, 07 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah memperkirakan dengan kenaikan listrik sebesar 15% pada 2013 bakal membuat pelanggan hemat dalam mengeluarkan biaya pemggunaan listrik.

"Kenaikan TDL (tarif dasar listrik) 15 persen sepertinya akan ada penurunan dari penggunaan listrik, ini untuk menghemat pengeluaran biaya juga dari pelanggan," Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM, Maryam Ayuni di Jakarta, yang dikutip Minggu (7/10/2012).

Menurutnya, akan terjadi penurunan penggunaan listrik yang signifikan pada 2013. "Kalau listrik cukup signifikan penurunannya. Kalau besarannya belum tahu," ujarnya.

Namun, penghematan listrik ini tidak diikuti dengan penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. "Kalau BBM turun juga tetapi agak berat. Makanya program pemerintah 'kan mengalihkan BBM subsidi ke BBM non subsidi untuk mengurangi BBM subsidi," tuturnya.

Pada 2013 mendatang, pemerintah akan menerapkan kenaikan TDL sebesar 15% selama setahun yang dilakukan secara bertahap per triwulan. Langkah ini dilakukan untuk menekan anggaran subsidi listrik dengan perhitungan sekitar Rp12 triliun, untuk setahun.


Anda sedang membaca artikel tentang

ESDM: Masyarakat Bisa Hemat Pengeluaran

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/esdm-masyarakat-bisa-hemat-pengeluaran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

ESDM: Masyarakat Bisa Hemat Pengeluaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

ESDM: Masyarakat Bisa Hemat Pengeluaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger