Empat Cara Redam Gejolak Karena Upah Murah

Written By Unknown on Sabtu, 10 November 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah didesak menyelesaikan masalah hubungan antara buruh dan pengusaha sehingga tidak menimbulkan berbagai gejolak.

Pengamat Ekonomi Indef, Ahmad Erani Yustika, mengatakan ada empat langkah yang harus diselesaikan sebelum berganti tahun. Pemerintah harus menstabilkan iklim investasi sehingga tidak sampai memburuk, menghapus adanya pungutan liar yang marak menjerat para buruh, kemudian soal produktivitas industri, dan terakhir persoalan upah minimum pekerja.

"Peran pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan ini menjadi sangat penting bagi persoalan antara buruh dan pengusaha, terutama bagi aspek investasi yang belakangan ini sedang mengalami peningkatan," kata dia kepada INILAH.COM, Sabtu (10/11/2012).

Soal produktivitas, menurut Erani, berakibat pada iklim industrialisasi yang tertunda. Sebab sejumlah produksi terhenti sehari saja bisa menyumbangkan lumpuhnya sebagian investasi dalam satu kuartal. Sedangkan pungutan liar diduga menjadi pemicu yang selama ini kesejahteraan buruh seolah terzalimi.

Saat ini, kalangan buruh menolak upah murah dan penerapan tenaga alih daya atau outsourcing yang sesuai aturan. Mereka mengaku tidak anti investasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi terus tumbuh. "Buruh tidak anti investasi, malah mendukung agar penanaman modal terus tumbuh dan berimbas pada kesejahteraan rakyat," kata Ketua Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), Subiyanto.

Oleh karena itu, Ahmad Erani menekankan poin penting pertemuan tiga elemen secara bersamaan antara pemerintah dan buruh dilakukan segera. Tujuannya agar persepsi yang simpang-siur dan saling klaim antar buruh dan pengusaha tidak terjadi.

"Pemerintah tidak punya waktu banyak untuk hal ini, sikap saya jelas agar tidak ada saling klaim dan salah persepsi," ujarnya. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Empat Cara Redam Gejolak Karena Upah Murah

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/11/empat-cara-redam-gejolak-karena-upah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Empat Cara Redam Gejolak Karena Upah Murah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Empat Cara Redam Gejolak Karena Upah Murah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger