Cianjur Genjot 60% Kawasan Hutan Lindung

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 15.13

INILAH.COM, Cianjur - Pemkab Cianjur terus menggenjot capaian target kawasan hutan lindung sebesar 60% seperti yang ditetapkan pemerintah pusat. Saat ini kawasan hutan lindung di Kabupaten Cianjur baru mencapai 28%.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur Tiurma Hutapea mengatakan keharusan mencapai target sebesar 60% tertuang dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Cianjur yang baru saja disahkan. Untuk mencapai target itu, tengah dilakukan pengkajian bersama Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarkim).

"Keberadaan kawasan hutan lindung memang sangat diperlukan mengingat wilayah Cianjur merupakan daerah rawan bencana. Target pencapaian ini merupakan keuntungan buat kita," kata Tiurma, Minggu (11/11/2012).

Menurut Tiurma, untuk mencapai target 60% kawasan hutan lindung, dibutuhkan waktu hampir 20 tahun, bersamaan RTRW yang akan terus diperbaharui. Tidak hanya kawasan hutan lindung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga menargetkan pencapaian wilayah resapan air dan sempadan pantai. "Pencapaian ini untuk mengoptimalkan lahan-lahan hijau," ujarnya.

Kepala Sub Bidang Tata Ruang Dinas Tarkim Kabupaten Cianjur, Yus Rustiadi mengatakan, pihaknya tengah mengkaji kembali sekaligus memperketat rekomendasi bagi wilayah resapan yang akan dijadikan alih fungsi.

"Kalau hutan lindung, jelas tidak boleh alih fungsi. Ada beberapa wilayah seperti Kecamatan Pacet, Sukaresmi, Cugenang, dan Cipanas, yang tidak akan diberikan izin atau rekomendasi pembangunan. Wilayah itu merupakan awasan hijau, kecuali di zona B. Tapi perlu pengendailan Koefisien Dasar Bangunan (KDB) yang ketat," ungkapnya.

Koordinator Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Simpul Bogor Puncak Depok Cianjur Eko Wiwid menyambut baik adanya penetapan kawasan lindung di Cianjur. Saat ini, pihaknya meminta agar semua pihak mengawal pelaksanaan target tersebut.

"Memang sudah seharusnya ini dilakukan. Mudah-mudahan bisa tercapai," katanya.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Cianjur Genjot 60% Kawasan Hutan Lindung

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/11/cianjur-genjot-60-kawasan-hutan-lindung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cianjur Genjot 60% Kawasan Hutan Lindung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cianjur Genjot 60% Kawasan Hutan Lindung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger