PLN Umumkan TDL Naik pada 1 Januari 2013

Written By Unknown on Minggu, 28 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15% akan dikenakan kepada pelanggan listrik 1.300 kilo watt (KW) per 1 Januari 2013.

Demikian disampaikan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji saat ditemui pada acara penyerahan bantuan CSR kepada Yayasan Yatim Piatu di Yayasan Rumah Yatim Jl.Karang Tengah Raya, Cinere, Jakarta Minggu (28/10/2012).

"Kami umumkan bahwa per 1 Januari 2013, pelanggan listrik PLN yang 1.300 KW ke atas tarifnya akan naik. Sementara untuk pelanggan 450-900 KW tidak akan naik," kata Nur Pamudji.

Nur Pamudji mengatakan, kenaikan TDL sudah tidak bisa dihindari lagi. Hal itu mengingat harga bahan bakar pembangkitan yang semakin mahal, apakah itu batubara, gas ataupun BBM. "Kenaikan TDL 15% saya pikir tidak berat, jika dibandingkan dengan belanja pulsa telepon setiap bulannya. Bayar listrik perbulan hanya 70 ribu, sementara belanja pulsa bisa mencapai ratusan ribu. Jadi berhemat pulsa, bisa untuk mengurangi beban kenaikan TDL," ujar Nur Pamudji.

Nur Pamudji menambahkan dengan besaran subsidi listrik yang mencapai Rp80 triliun per tahun menurutnya hal itu tidak baik keuangan negara.

"Dengan besaran subsidi tersebut setiap tahun kita sudah bisa bangun infrastruktur, apakah itu rumah sakit, sekolah, jalan raya, irigasi, pabrik dan lain-lain. Hal itu lebih bermanfaat karena menambah lapangan kerja, daripada dikonsumsi habis setiap tahun," kata Nur H Pamudji.

Saat ini mekanisme atau turan kenaikan TDL masih digodok oleh pemerintah, namun diharapkan sampai dengan akhir tahun 2012 selesai. Berdasarkan kajian tersebut kenaikana TDL itu akan dilakukan secara bertahap per bulan atau per 3 bulan sekali, dengan besaran kira-kira 1,5%-4,5%. [mel]


Anda sedang membaca artikel tentang

PLN Umumkan TDL Naik pada 1 Januari 2013

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/pln-umumkan-tdl-naik-pada-1-januari-2013.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PLN Umumkan TDL Naik pada 1 Januari 2013

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PLN Umumkan TDL Naik pada 1 Januari 2013

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger