Pemerintah Masih Berat Royalti dari Freeport 3,75%

Written By Unknown on Selasa, 16 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Meski pihak PT Freeport Indonesia menyetujui pemberian royalti untuk emas sebesar 3,75%, namun pemerintah tetap berharap bisa lebih besar dari itu.

Demikian disampaikan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Thamrin Sihite saat ditemui di kantornya, Selasa (16/10/2012). "Royalti diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2012, dan kita belum setuju dengan besaran tersebut. Harusnya lebih besar dari itu," kata Thamrin. Saat ini royalti yang diberikan oleh Freeport kepada negara hanya sebesar 1%.

Menurut Thamrin, saat ini pemerintah dan Freeport masih terus melakukan perundingan dan belum menargetkan angkanya akan keluar berapa. "Kami tidak tertarik dengan patokan angka, berapa besar royalti. Namun kami akan meminta agar royalti itu bisa menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku," ujar Thamrin.

Thamrin menambahkan bahwa yang terpenting dalam menentukan royalti tidak ada pihak yang dirugikan, baik pemerintah maupun Freeport. "Harus memperhatikan teknis keuntungan antara perusahaan dan pemerintah. Namun, negara juga tidak boleh mengambil untung terlalu besar dan harus mempertimbangkan segi kemampuan keuangan perusahaan," ujar Thamrin.

Sebelumnya, Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik Soetjipto mengatakan, perusahaan akan mengikuti peraturan dalam pembagian royalti yaitu 3,75% untuk emas dan 4% untuk tembaga. "Kita sesuai dengan aturan UU saja, emas 3,75% dan tembaga 4%," kata Rozik.

Pemerintah menargetkan paling tidak besaran royalti emas dari Freeport mencapai 10%. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemerintah Masih Berat Royalti dari Freeport 3,75%

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/pemerintah-masih-berat-royalti-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemerintah Masih Berat Royalti dari Freeport 3,75%

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemerintah Masih Berat Royalti dari Freeport 3,75%

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger