Fitch: Rating Asuransi Indonesia Masih Stabil

Written By Unknown on Senin, 15 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menyatakan rating outlook asuransi jiwa dan nonjiwa di Indonesia tetap stabil.

Hal ini didukung peningkatan pasar domestik, pertumbuhan premi yang berkelanjutan dan perbaikan persyaratan regulasi.

Fitch dalam laporan tertulisnya, Senin (15/10/2012), memperkirakan pertumbuhan premi ini akan stabil pada 2013, didorong meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia, pasar yang masih sulit ditembus dan meningkatnya kesadaran akan bencana.

Penetrasi asuransi Indonesia masih rendah sebesar 1,7%, dibandingkan Amerika Serikat (AS) di 8,1%, Inggris 11,8% dan beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia di kisaran 4%. Namun, sektor asuransi Indonesia pada semester pertama 2012 sudah mencatatkan pertumbuhan 15,5% secara year-on-year (yoy) mencapai Rp68,9 triliun.

Menurut Fitch, perbaikan persyaratan regulasi, termasuk peningkatan persyaratan modal minimum menjadi Rp70 miliar pada 2012 dan Rp100 miliar pada 2014, akan mendorong konsolidasi pasar lebih ketat.

Dengan adanya persyaratan modal minimum tersebut, maka jumlah perusahaan asuransi akan menyusut, karena asuransi yang lebih kecil dan lebih lemah akan bergabung dengan perusahaan lain untuk memenuhi persyaratan modal tersebut, atau terpaksa keluar dari pasar.

"Dalam jangka panjang, hal ini akan membantu kesadaran risiko yang lebih besar dari perusahaan asuransi, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mengelola sumber permodalan," ungkap Fitch.

Kepemilikan asing di pasar Indonesia yang sulit ditembus ini juga diperkirakan meningkat karena melambatnya pertumbuhan ekonomi global di AS, Jepang, dan Korea. Hal ini lebih didorong batas kepemilikan asing di Indonesia, yang 80% jauh lebih tinggi daripada di negara-negara Asia lainnya.

Secara negatif, prospek pertumbuhan di industri asuransi di Indonesia mash kecewa dengan transparansi kelembagaan yang terbatas, pengungkapan kepada publik, dan manajemen risiko. Namun, lingkungan usaha secara bertahap akan memperbaiki memperkuat persyaratan peraturan dan meningkatkan minat investor asing.

Namun, prospek stabil berpeluang tertekan akibat peningkatan tak terduga yang signifikan dalam kerugian yang diausransikan dari bencana di Indonesia. Eksposur negara terhadap bencana alam menyoroti pentingnya pengelolaan berkelanjutan bijaksana asuransi dari paparan bencana mereka.

"Perlambatan ekonomi, juga bisa menahan pertumbuhan pasar asuransi Indonesia. Kerugian material dalam investasi, potensi besar dari eskalasi krisis euro, dapat menyebabkan Outlook direvisi menjadi Negatif," tukas Fitch. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

Fitch: Rating Asuransi Indonesia Masih Stabil

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/fitch-rating-asuransi-indonesia-masih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fitch: Rating Asuransi Indonesia Masih Stabil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fitch: Rating Asuransi Indonesia Masih Stabil

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger