Curi Banyak Perhatian, Rumah Bambu Perluas Pasar

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Usaha Kecil Menengah (UKM) rumah bambu merupakan yang paling mencuri perhatian pengunjung lokal, maupun asing dalam Pagelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-27 tahun 2012. Rencananya rumah bambu akan menembus pasar ekspor ke Timur Tengah.

Pengusaha kerajinan rumah bambu, Bambang Wijaya, mengungkapkan saat ini 50% produk pagar dan kerajinan bambunya sudah diekspor ke Australia. Selain diekspor ke Australia, selama dua tahun terakhir 50 unit produk rumah bambu yang bisa dibongkar pasang telah diekspor ke Perancis dan Belanda.

"Kami berencana untuk memperluas pasar ekspor ke wilayah Timur Tengah, Asia Pasifik dan Eropa. Pada acara ini, kami juga dapat tawaran business project dari pembeli asal Mesir, Afrika Selatan, Kuwait," katanya saat ditemui di acara TEI 2012 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, seperti dikutip Minggu (21/21/2012).

Bambang yang sudah memulai usaha ini sejak 1997 mengatakan harga satu rumah bambu ukuran 5x7 meter dibandrol sekitar Rp25 juta untuk pasar domestik. Sedangkan untuk pasaran ekspor harganya mencapai US$ 4 ribu.

"Biasanya rumah bambu ini dipesan untuk pelengkap bangunan vila dan hotel, dan ketahanan rumah bambu ini bisa mencapai lima tahun. Ada treatment (perawatan) khususnya agar bertahan lama," tutur Bambang yang juga merupakan direktur PT Dekor Asia Jayakarya.

Keberhasilan UKM rumah bambu ini juga dibenarkan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami. "Pada penyelenggaraan TEI tahun ini, salah satu UKM yang berhasil memperoleh transaksi cukup tinggi adalah rumah bambu dan interiornya, yang dihasilkan oleh salah satu produsen dari Yogyakarta," ujarnya.

Perusahaan ini, kata Gusmardi, selama tiga hari mengikuti TEI, telah mendapat tawaran proyek bisnis (business project) untuk pembangunan hotel, vila dan restoran dari buyer Mesir, Dubai, Kuwait, Inggris, Amerika Serikat dan Jepang.


Anda sedang membaca artikel tentang

Curi Banyak Perhatian, Rumah Bambu Perluas Pasar

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/curi-banyak-perhatian-rumah-bambu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Curi Banyak Perhatian, Rumah Bambu Perluas Pasar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Curi Banyak Perhatian, Rumah Bambu Perluas Pasar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger