Kemenkeu Usulkan Redenominasi Rupiah ke DPR

Written By Unknown on Selasa, 30 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Rencana penyederhanaan nilai mata uang atau redenominasi rupiah saat ini sudah masuk ke dalam prioritas program legislasi nasional 2013.

Sekretaris Jenderal Menteri Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat ke badan pembinaan hukum nasional di Kementerian Hukum dan HAM.

"Redenominasi sedang diusulkan supaya masuk prolegnas 2013, tentu ini penting kalau masuk ke dalam prioritas prolegnas karena ada pertimbangan. Suratnya sudah kami kirimn ke pembinaan hukum nasional Kemenhuk HAM," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/10/2012).

Ia mengatakan bentuk langkah-langkahnya nanti akan dilakukan pembahasan setelah itu diusulkan ke Badan Legislatif DPR. Setelah itu ditetapkan setelah itu mataeri yang masuk prolegnas. Adapun bentuknya undang-undang di luar mata uang.

"Nanti dibahas di sana, nanti setelah ditetapkan, diusulkan ke Baleg DPR setelah itu ditetapkan mana-mana yang masuk prolegnas, setelah itu baru diumumkan yang masuk prolegnas apa-apa saja," ungkapnya.

Sementara Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengatakan RUU Redenominasi akan diselesaikan dan perlu dilakukan diskusi publik atau sosialiasi agar masyarakat tidak khawatir dan menduga ini semacam pemangkasan mata uang.

"Urgensinya sebagai negara maju kita memerlukan itu tapi jangan masyarakat salah mengerti dan ada kekhawatiran, kita mesti ingat Indonesia luas dan mata uang rupiah itu digunakan di seluruhnya, jadi perlu sosialisasi," ujarnya.

Untuk rumusan redenominasi yang telah disampaikan Gubernur BI, Darmin Nasution adalah Rp100.000. Uang rupiah tersebut mempunyai pecahan terbesar kedua di dunia. Untuk pecahan terbesar pertama adalah mata uang Vietnam yang mencetak 500.000 Dong. Namun tidak memperhitungkan negara Zimbabwe, negara tersebut pernah mencetak 100 miliar dolar Zimbabwe dalam satu lembar mata uang.

"Redenominasi itu prosesnya akan dibicarakan dulu dengan pemerintah dan presiden dan harus melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) baru kita sosialisasikan," ujarnya. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemenkeu Usulkan Redenominasi Rupiah ke DPR

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/kemenkeu-usulkan-redenominasi-rupiah-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemenkeu Usulkan Redenominasi Rupiah ke DPR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemenkeu Usulkan Redenominasi Rupiah ke DPR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger