JSS Bakal Pacu Ekonomi Sumatera-Jawa

Written By Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta - Keberadaan Jembatan Selat Sunda (JSS) diperkirakan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Pulau Jawa menjadi 5,7% per tahun dan Pulau Sumatera menjadi 8,8% per tahun.

Ekonom Universitas Indonesia, Nuzul Achjar, mengatakan berdasarkan hasil kajian Bappenas terkait keberadaan JSS selama 2014-2030, pertumbuhan ekonomi Pulau Jawa diperkirakan naik menjadi 5,7% per tahun dari 4,5% per tahun.

Sementara pertumbuhan ekonomi Pulau Sumatera diperkirakan mengalami lonjakan dari 4,9% per tahun menjadi 8,8% per tahun.
"Pertumbuhan ekonomi Sumatera akan lebih tinggi dari Jawa," katanya dalam paparan tinjauan geografi ekonomi infrastruktur JSS, yang dikutip Jumat (12/10/2012). "Integrasi perekonomian antar kedua wilayah menjadi penting bagi pergerakan motor pertumbuan ekonomi nasional".

Kendati demikian, Nuzul mengingatkan pemerintah untuk dapat mengantisipasi dampak lain dari pembangunan JSS, seperti disparitas produktifitas tenaga kerja antara Provinsi Banten dan Lampung yang disebabkan disparitas pendidikan serta disparitas produktivitas tenaga kerja akan berakibat lemahnya daya saing dalam merebut peluang ekonomi.

"Masalah gap antara Lampung dan Banten untuk sdmnya harus diperkecil, persoalan yang akan timbul tenaga kerja yang tidak produktif terpinggirkan di Lampung," tuturnya.

Selain itu, ia mengatakan, pemerintah juga harus dapat mengantisipasi dampak pembangunan JSS dimana percepatan perubahan struktural di provinsi-provinsi Pulau Jawa lebih tinggi dibanding provinsi-provinsi di Sumatera.

"Perubahan struktur produksi tidak diikuti dengan perubahan struktur ketenagakerjaan.
Yang kita khawatirkan, petani tidak siap dengan adanya ini," kata Nuzul. Sekitar 2/3 total tenaga kerja di Sumatera masih berada pada sektor pertanian, berbeda dengan Jawa (terutama Banten) yang mulai bergeser ke sektor manufaktur. [ast]


Anda sedang membaca artikel tentang

JSS Bakal Pacu Ekonomi Sumatera-Jawa

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/jss-bakal-pacu-ekonomi-sumatera-jawa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

JSS Bakal Pacu Ekonomi Sumatera-Jawa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

JSS Bakal Pacu Ekonomi Sumatera-Jawa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger