"Saya Ingin Stasiun Kereta Bebas Asap Rokok"

Written By Unknown on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 15.13

INILAH.COM, Jakarta – Bagi para perokok, ruang geraknya sejak Maret tahun ini dibatasi bila menggunakan jasa kereta api. Itu sesuai dengan tekad Dirut PT KAI Ignatius Jonan.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sudah memasang peringatan larangan zona bebas rokok di beberapa stasiun besar, seperti Stasiun Gambir Jakarta, Stasiun Cirebon, dan Stasiun Tugu yang ada di Yogyakarta.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Ignasius Jonan mengungkapkan pelarangan merokok di dalam kereta dan stasiun untuk menghargai penumpang kereta api lainnya yang tidak merokok. Ada wilayah-wilayah tertentu yang boleh merokok. Namun pihaknya sudah tegas menyatakan untuk kereta eksekutif bebas asap rokok.

"Saya merokok, tapi gak merokok juga di kereta api. Kami sediakan areanya untuk merokok, sehingga tidak mengganggu penumpang lain," kata Jonan beberapa hari lalu di temui dalam acara Rapim BUMN di Yogyakarta.

Dengan peraturan pada tahap awal terasa menyulitkan para penumpang yang juga pecandu rokok. Tapi peraturan tersebut harus dipatuhi para penumpang, karena jika ada yang merokok akan berimbas buruk bagi pegawai PT KAI. "Pegawai KAI akan mendapatkan sanksi jika membiarkan penumpang merokok di arena bebas rokok, bisa dipecat juga," tutur Jonan.

Bagaimana tanggapan para penumpang? Salah satu penumpang kereta api Taksaka jurusan Yogyakarta-Jakarta, Iwan Supriatna mengeluhkan lokasi area merokok yang jauh dari peron. Letak ruangannya ada di di ujung stasiun. "Susah mau merokok, harus jalan jauh banget. Harusnya disediakan tempat-tempat merokok di tengah stasiun juga," katanya yang ditemui di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Heronius juga menyarankan pihak KAI untuk menyediakan area merokok di dalam kereta api, seperti misalnya di restorasi. "Kan perjalanan kereta api ke Jogja jauh juga, restorasi seharusnya ada tempat merokok," ucapnya.

Saat ini, kata Jonan lagi, belum ada rencana untuk membuat ruangan merokok di kereta api. "Saya gak melarang merokok, cuma saya melarang untuk merokok di situ (kereta api). Gak ada ide untuk bikin smoking room," ucapnya. [hid]


Anda sedang membaca artikel tentang

"Saya Ingin Stasiun Kereta Bebas Asap Rokok"

Dengan url

http://serbaupdaterus.blogspot.com/2012/10/ingin-stasiun-kereta-bebas-asap-rokok.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

"Saya Ingin Stasiun Kereta Bebas Asap Rokok"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

"Saya Ingin Stasiun Kereta Bebas Asap Rokok"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger